Jalan-Jalan ke Gili Tangkong Lombok

Gili adalah sebutan untuk pulau kecil di daerah Lombok. Banyak sekali pulau kecil yang tersebar di sekitar pulau wisata Lombok. Yang terkenal adalah 3 gili Trawangan, air dan Meno, namun sekarang sudah banyak juga tempat wisata yang berlatar belakang pantai dan laut yang dibuka untuk wisata. Memang jika suatu tempat wisata yang dibuka untuk umum itu tidak akan langsung ramai salah satunya ada di GILI TANGKONG.

Profile Gili Tangkong

Pulau kecil yang satu ini sangatlah menawan / masih perawan alias tidak ada penghuni di pulau ini. Jauh dari hingar-bingar perkotaan dan ini menyebabkan pulau ini jauh juga dari polusi. Banyangkan jika anda jalan-jalan dan berwisata ke suatu tempat yang bersih dan tenang pasti akan terasa lebih menyenangkan, apalagi jika tujuan anda yaitu untuk menenangkan diri.

pantai gili tangkongSalah satu tempat rokomended yaitu di gili Tangkong, disini anda bisa dengan leluasa untuk berlari kesana-kemari dan merebahkan tubuh dimanapun tanpa takut untuk terkena sampah. ada sih,, beberpaa sampah naum ini bukan berasal dari pulau ini melainkan sampah yang dibawa oleh angin dan gelombang kemudian terdampar di pulau ini. Namun jika angin sudah berbalik arah maka sampah tersbut sebagian besar juga akan mengikutinya dan pantai bersih kembali.

Gili Tangkong merupakan suatu tempat wisata pantai dengan pasir putih bersih, laut jernih dan ombak kecil. Jadi ini sangat bagus jika anda berwisata bersama anak kecil ataupun orang tua. Di gili Tangkong anda bisa melakukan banyak sekali aktivitas diantaranya yaitu bermain voli pantai, futsal, kartu, senorkeling, diving, berenang, mancing dan lainnya. Dengan catatan membawa peralatan sendiri, karena disini sangat jarang fasilitas namanya juga pulau perawan jadi tidak ada fasilitas mewah disini.

Berenang dengan menggunakan alat snorekling di gili Tangkong akan berjumpa dengan beberapa jenis terumbu karang seperti acropora, porites, galaxea, soft coral, pavona dan ikan karang seperti kaka tua, abudefdof, ikan kupu dan lainnya. Jika anda membawa kamera underwater maka jangan sampai sia-siakan untuk berfoto bersama mereka.

Bagi wisatawan yang ingi bermalam di gili Tangkong ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan kemah. Berkemah di gili Tangkong membuat emosi jiwa yang tidak menentu bisa menjadi normal kembali akibat melihat kekayaan alam di Lombok ini.

Jika wisatawan ingin memancing persiapkan juga alat pancing dan umpannya sekalian. Wisatawna bisa memancing di tengah laut dengan menggunakan kapal atau bisa juga memancing di pinggir pantai seperti mancing ikan karang atau cumi-cumi.

Letak Gili Tangkong

Kami ingin mencoba menjelaskan letaknya dalam peta google map dan rute untu menuju kesana. Estimasi dimulai dari mall Mataram yang merupakan pusat kota Mataram menuju ke kecamapan sekotong. Dari Mataram anda bisa melewati jalan Sriwijaya, setelah pertigaan di jl Sriwiaja silahkan ambil ke arah kiri. Setalh itu anda akan bertemu perempatan dan masuk di jalan A Gede Ngurah. Setealh sampai jalan A Gede ngurah silahkan anda mengambil arah yang ke kanan lurus saja mengikuti jalan tersebut dan melewati 1 pertigaan dan 1 perempatan sampai bertemu dengan jalan tengah Lopan lurus saja sampai akhirnya di JL. raya Lembar. Sampai di sini ada pertigaan yang ke kiri "jalan besar" menuju ke Bandara dan yang kekanan "jalan kecil" menuju ke Lembar. ambilah jalan ke kanan arah Lembar. Ikuti saja terus jalan tersebut, dalam perjalan anda akan dihidangi pemandangan alam pepohonan hijau yang luar biasa sampai bertemu dengan Jl Dato Kedaro. Lurus saja melewati jalan kecil tadi yang berbelak belok sampai akhir nya anda akan melihat pemandangan laut biru indah di sebelah kanan anda. Sudah berada di daerah Lembar, bertanyalah kepada orang sekitar kemana menuju ke pelabuhan Lembar.


Setelah sampai di pelabuhan Lembar, silahkan anda menyewa perahu setempat yang memberikan jasa tranpsortasi antar jemput dengan tarif kisaran 350-450 / kapal, kapasitasnya bisa sampai 6 orang. Perjalanan dari pelabuhan Lembar menuju gili Tangkong sekitar 30 menit saja.

gili tangkong lombok

Asyknya berwisata ke gili Tangkong ini anda bisa juga untuk mampir ke 4 Gili sekaligus yaitu gili Kedis, Gili Sudak, Gili Tangkong, dan Gili Nangu. Jadi hematnya yaitu anda bisa sekali mendayuh 4 pulau terlampaui. Disarankan untuk berkunjung kesini pagi hari karena sudah dijamin anda tidak akan lekas puas berada di pulau-pulau kecil tadi.

Kelebihan Gili Tangkong

  1. Dekat dengan Sekotong, jadi anda bisa bermalam disana dengan banyak pilihan pengianapan dari homestay, hotel dan resort
  2. Tempat wisata yang masih sangat indah dan bersih serta tenang
  3. Dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan
  4. jarak tempuh penyeberangan yang tidak terlalu lama
  5. Sekali mendayuh 4 pulau terlampaui

Kekurangan Di Gili Tangkong

  1. Tidak banyak fasilitas
  2. Transportasi umum menuju kesan juga jarang
  3. Harus membawa makan sendiri
  4. Jika ingin menginap harus membawa perlengkapan camping sendiri
Di dekat gili Tangkong juga terdapat makam keramat dimana makan tersebut beraada di tengah laut dan tidak akan tenggelam walaupun air pasang, munkin desain bangunannya dibuat terapung.

Post a Comment for "Jalan-Jalan ke Gili Tangkong Lombok"