Tanjung Winggit Lombok, Tempat Wisata Mempesona

Salah satu tempat mempesona di Lombok yaitu Tanjung Ringgit. Meskipun banyak lagi lainnya yang menjadi primadona di pulau wisata Indoneisa ini. Bagi teman-teman yang ingin berwisata ke Objek yang satu ini sangatlah mudah, untuk lebih tau mari kita simak bersama dibawah ini:

Rute ke Tanjung Ringgit

Kawan Kurnia Tour akan memberikan sedikit penjelasan tentang rutenya yang akan kami ambil dari titik paling mudah dan terkenal di lombok yaitu kota Mataram, katakan saja dari Mataram mall. Dari mall tersebut silahkan wisatawan mengambil jalan A. Gede Ngurah, sampai di perempatan jalan lurus saja sampai ketemu pertempatan kedua kemudian belok ke kanan mengikuti jalan A. Yani. Dalam 1 jalur itu anda akan menemui pertigaan dan perempatan besar sampai bertemu pertigaan kembali di JL. Tengah Abdul Karim. Di pertigaan jalan ini silahkan anda ambil ke kiri dan mengikiti jalan RAYA PRAYA. Jalan ini cukup jauh jadi tunggu saja sampai anda bertemu Jl. Gajah mada dan ambil yang lurus saja lalu ke Praya Kruak dan Praya Mujur dan bertemu dengan jl raya Sengkereng yang berada di GENTI. Lurus saja mengikuti lajan besar sampai bertemu di ujung jalan yaitu Jln Raya labuhan yang memiliki pemandangan laut. sampai di ujung jalan tersebut ambil arah yang ke kanan dan ikuti jalan di pinggir pantai. Atau wisatawan bisa juga saat di jalan Keruak ada pertigaan ambilah ke kiri menuju ke jalan Tutuk Serumbung. Dari sini lurus saja mengikuti aspal tersebut sampai bertemu dengan Masjid Najmul Huda. Dari masjid tersebut sekitar beberapa kilometer ada pertigaan dan ambilah jalan ke kanan sebelum taman pendidikan Alquran. Setelah mengikuti jalan itu sampailah anda ke Sunut dan menuju ke desa Pemongkong kecamatan Jerowaru. Ini sama halnya jika anda ingin berkunjung pantai pink Lombok karena tanjung wingit berada di 1 kecamatan. Setelah sampai disini, bertanyalah dengan warga sekitar bagaimana cara menuju ke Pantai Tanjaung Ringgit yang paling baik. Karena untuk menuju ke sana harus menggunakan kendaan peribadi.



Tanjung Ringgit sendiri berada pas di titik paling ujung Timur pulau lombok. Di daerah ini juga terdapat Tanjung Poki dan Tanjung Bloam yang patut anda kunjungi. Perlu diingat bahwa dalam perjalan anda akan melihat hijaunya tanaman di pinggir jalan dan suhu sekitar yang agak panas.

Tips Berlibur

Menuju ke Tanjung Ringgit haruslah membawa perlengkapan yang pribadi dengan baik karena disini sangat jarang fasilitas yang disediakan untuk umum. Seperti minuman, makanan, tikar, gitar, sampai baju ganti, P3K, dan lainnya. Jika anda ingin camping bawalah perlengkapan kemah lengkap seperti berkemah di gunung yang tanpa fasilitas apapun. Jangan lupa juga untuk membawa kamera, karena sudah jauh-jauh datang kemari jika tidak diabadikan maka rasanya ada yang kurang.

Di tanjung ringgit ini ada beberapa objek yang bisa kita nikmati diantaranya:
  1. Sumur air tawar, sebenarnya ini buatan manusia, tapi kalu air nya tetaplah buatan TUHAN YME. Seperti di beberapa titik lokasi seperti di banyuwangi dan lainlain bahwa disini juga memiliki sumber air tawar yang berasal dari pinggiran laut. Lebih bagus jika mungkin bagi pemerintah setempat bisa memberikan akses yang mudah untuk menuju ke ke sumur dan wisatawan bisa mengmbil air tawar itu sekedar untuk cuci muka atau apalah.
  2. Meriam Jepang, terletak tidak jauh dari sana terdapat peninggalan masa peperangan Jepang dahulu. Meriam ini menjorok ke pantai yang dimungkinkan guna menyerang lawan yang datang dari arah laut. Lebih bagus lagi jika ada akses yang baik dan desain ulang tata ruang disana dari pemerintah agar wisatawan bisa serasa berada saat perang jepang jaman dahulu
  3. Gua Jumbo, Ini dimunkinkan adalah gua yang digunakan jaman jepang untuk bersembunyi atau menuju ke suatu tempat. Jika lokasinya baik dan bersih serta dikelola dengan baik maka akan lebih bagus dan wisatawan bisa masuk seperti di gua gong pacitan. Bagi anda yang sika dengan jelah gua ini sangat cocok untuk tantangan anda berikutnya.
  4. Pohon Surga, Satu-satunya pohon besar yang bisa tumbuh di area panas dan terik yang tidak ketulungan ini. Namun dengan adanya pohon ini wisatawan bisa berteduh sambil makan dan menikmati keindahan laut dengan angin sepoi-spoi dari atas tebing dan melihat alam Indonesia.
  5. Mecusuar, Ini merupakan peninggalan Belanda yang katanya masih aktif hingga saat ini. Tidak tau kenapa lokasi ini sangat istimewa sehingga Jepang dan Belanda berada di tempat ini.
  6. Lukisan alam, Ini berada di salah satu sisi tebing tanjung ringgit. Berbentuk menyerupai pulau Bali.
pada dasarnya berwisata disini anda akan melihat tebing cantik dengan dasar air laut biru jernih. Apalagi jika cuaca yang mendukung, disini akan terasa berada di Indonesia (bukan luar negri). sungguh pemandangan alam asli indonesia yang tidak ternilai harganya. Ketika wisatawan berada diobjek Tanjung Ringgit ini, disarankan untuk memakai juga sepatu karena dasaran disana banyak bebetauan.

Sekarang bagi wisatawan yang suka foto, janganlah beranjak sampai sore hari karena disini terkenal dengna sunrise nya yang sangat cantik (jika cuaca mendukung). Apalagi jika banyak waktu luang mungkin setelah sunrise anda dan rombongan bisa dilanjutkan dengan mendirikan tenda diarea tanjung ringgit ini.

Foto Profile Tanjung Ringgit

gua tanjung ringgit

lukisan pulau bali di lombok

mecusuar belanda di lombok

meriam jepang di tanjung ringgit

tebing tanjung ringgit lombok

tebing tanjung ringgit

Demikianlah sedikit informasi yang bisa Kawan Kurnia Tour sampaikan untuk anda. Semoga bisa bermanfaat untuk liburan anda ke Lombok. jangan lupa untuk update terus blog ini dengan informasi terkini objek wisata di P. Lombok Indoneisa.

2 comments for "Tanjung Winggit Lombok, Tempat Wisata Mempesona"

  1. satu lagi nih min, kalo liburan ke lombok itu harus pake asuransi perjalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sangat betul dan setuju jika kita mengambil paket wisata di manapun termasuk di pulau lombok. Kita harus jeli dalam dengan asuransi yang diberikan

      Delete